Pertemuan
5
Komputer
dan Pemerintahan
Pada
pertemuan ke-5 ini, materi utama yang dibahas adalah E-government, yang
merupakan pemanfaatan teknologi komputer dalam administrasi pemerintahan untuk
meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan publik. Berikut rangkuman
lainnya:
1.
E-government
E-government
adalah suatu penggunaan teknologi digital oleh pemerintah untuk memberikan
layanan publik secara online. Hal ini memungkinkan komunikasi yang intens dan
mudah juga efisiennya waktu antara pemerintah dan masyarakat.
2.
Manfaat E-government
Penerapan
E-government memberikan manfaat berupa peningkatan kualitas layanan,
transparansi, penghematan biaya administrasi dan kemampuan pemerintah untuk
merespons permasalahan masyarakat.
3.
Tujuan Peningkatan E-government
Tujuan
dari E-government adalah meningkatkan mutu pelayanan kepada Masyarakat terkait
dengan proses administrasi untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat,
mendukung pertumbuhan ekonomi, memfasilitasi dialog terbuka antara pemerintah
dan masyarakat, serta memberikan transparansi dalam transaksi dan layanan
pemerintah.
4.
Pemicu Utama E-government
Negara
Indonesia termasuk lambat dalam menerapkan dan mengembangkan pelayanan
e-government dibandingkan negara tetangga atau negara yang sudah maju.
Faktor-faktor
yang mendorong perkembangan E-government di Indonesia itu sendiri yaitu
meliputi globalisasi, kemajuan teknologi, dan tuntutan masyarakat terhadap
kinerja pemerintah yang lebih baik.
5.
Strategi Pengembangan E-government
Pengembangan
E-government memerlukan strategi, seperti pengembangan sistem pelayanan yang
dapat dijangkau oleh masyarakat, pengembangan industri telekomunikasi dan
teknologi informasi, manajemen proses kerja pemerintah yang holistik,
pemanfaatan teknologi oleh dunia usaha, pengembangan yang sistematik, serta
peningkatan kapasitas SDM pemerintah dan masyarakat.
Dalam
rangka meningkatkan administrasi dan pelayanan publik, beberapa contoh aplikasi
yang digunakan oleh pemerintah mencakup:
a. mCity
mCity adalah suatu apalikasi yang
memberikan informasi juga petunjuk tentang suatu kota seperti kuliner, wisata
dan penginapan dengan informasi yang lengkap.
b. Qlue
Qlue adalah aplikasi yang di gunakan oleh
pemerintah DKI Jakarta yang di gunakan oleh Masyarakat untuk memudahkan
informasi fasilitas yang rusak, keluhan dan lain sebagainya.
c. Lapor!
Lapor! Adalah aplikasi untuk pengaduan dan
menyampaikan aspirasi dengan vitur dialog virtual antara pemerintah dan
Masyarakat.
d. Info
BMKG
Aplikasi ini
dibuat dan digunakan oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Pada aplikasi ini kita
dapat melihat prediksi cuaca dan info gempa yang berpotensi sunami.
e. BPOM
Mobile.
Dalam keterangannya
di Playstore, pada aplikasi ini masyarakat bisa mengecek suatu produk menggunakan Kode QPR ataupun
Kode Batang. Dalam aplikasi ini masyarakat bisa menyampaikan aduan terhadap suatu produk kepada BPOM.
7.
Peran Humas Pemerintah
Departemen
Hubungan Masyarakat (Humas) dalam pemerintah memegang peran penting untuk
menjaga transparansi, memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, dan
menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.
8.
Isu Sosial dan Masalah
Penerapan
E-government juga membawa isu-isu seperti risiko kejahatan siber, berkurangnya
interaksi sosial, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan
E-government, keterbatasan sumber daya manusia, kekurangan anggaran dan kurangnya
perhatian terhadap keamanan informasi.
0 Comments:
Post a Comment