Pertemuan 5

 

Pertemuan 5
Komputer dan Pemerintahan

 


Pada pertemuan ke-5 ini, materi utama yang dibahas adalah E-government, yang merupakan pemanfaatan teknologi komputer dalam administrasi pemerintahan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan publik. Berikut rangkuman lainnya:
 
1. E-government
E-government adalah suatu penggunaan teknologi digital oleh pemerintah untuk memberikan layanan publik secara online. Hal ini memungkinkan komunikasi yang intens dan mudah juga efisiennya waktu antara pemerintah dan masyarakat.
 


2. Manfaat E-government
Penerapan E-government memberikan manfaat berupa peningkatan kualitas layanan, transparansi, penghematan biaya administrasi dan kemampuan pemerintah untuk merespons permasalahan masyarakat.
 


3. Tujuan Peningkatan E-government
Tujuan dari E-government adalah meningkatkan mutu pelayanan kepada Masyarakat terkait dengan proses administrasi untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, mendukung pertumbuhan ekonomi, memfasilitasi dialog terbuka antara pemerintah dan masyarakat, serta memberikan transparansi dalam transaksi dan layanan pemerintah.
 


4. Pemicu Utama E-government
Negara Indonesia termasuk lambat dalam menerapkan dan mengembangkan pelayanan e-government dibandingkan negara tetangga atau negara yang sudah maju.
Faktor-faktor yang mendorong perkembangan E-government di Indonesia itu sendiri yaitu meliputi globalisasi, kemajuan teknologi, dan tuntutan masyarakat terhadap kinerja pemerintah yang lebih baik.
 


5. Strategi Pengembangan E-government
Pengembangan E-government memerlukan strategi, seperti pengembangan sistem pelayanan yang dapat dijangkau oleh masyarakat, pengembangan industri telekomunikasi dan teknologi informasi, manajemen proses kerja pemerintah yang holistik, pemanfaatan teknologi oleh dunia usaha, pengembangan yang sistematik, serta peningkatan kapasitas SDM pemerintah dan masyarakat.
Dalam rangka meningkatkan administrasi dan pelayanan publik, beberapa contoh aplikasi yang digunakan oleh pemerintah mencakup:
a.       mCity
mCity adalah suatu apalikasi yang memberikan informasi juga petunjuk tentang suatu kota seperti kuliner, wisata dan penginapan dengan informasi yang lengkap.
b.      Qlue
Qlue adalah aplikasi yang di gunakan oleh pemerintah DKI Jakarta yang di gunakan oleh Masyarakat untuk memudahkan informasi fasilitas yang rusak, keluhan dan lain sebagainya.
c.       Lapor!
Lapor! Adalah aplikasi untuk pengaduan dan menyampaikan aspirasi dengan vitur dialog virtual antara pemerintah dan Masyarakat.
d.      Info BMKG
Aplikasi ini dibuat dan digunakan oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Pada aplikasi ini kita dapat melihat prediksi cuaca dan info gempa yang berpotensi sunami.
e.       BPOM Mobile.
Dalam keterangannya di Playstore, pada aplikasi ini masyarakat bisa mengecek suatu produk menggunakan Kode QPR ataupun Kode Batang. Dalam aplikasi ini masyarakat bisa menyampaikan aduan terhadap suatu produk kepada BPOM.
 


7. Peran Humas Pemerintah
Departemen Hubungan Masyarakat (Humas) dalam pemerintah memegang peran penting untuk menjaga transparansi, memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, dan menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.
 


8. Isu Sosial dan Masalah
Penerapan E-government juga membawa isu-isu seperti risiko kejahatan siber, berkurangnya interaksi sosial, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan E-government, keterbatasan sumber daya manusia, kekurangan anggaran dan kurangnya perhatian terhadap keamanan informasi.

Share:

0 Comments:

New Post

Recent Posts

    Support Me